Pengguna Internet di Indonesia Meningkat karena Smartphone Murah (Dok: Okezone) JAKARTA Menurut data dari Mediacell yang diungkap awal tahun ini, penjualan smartphone di Indonesia akan mencapai 46 juta unit di 2014. Dari 46 juta unit, sekira 22,9 juta unit smartphone di antaranya dijual kepada konsumen yang beralih baru dari feature phone.

Dari total jumlah pengguna telefon genggam di Tanah Air, sebagian ada yang masih menggunakan smartphone maupun feature phone. “Hampir 30 persen pengguna smartphone, tahun ini (naik) 35 persen,” kata Ina Hutasoit, Ketua Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) kepada Okezone, Selasa (13/5/2014).

Sementara feature phone, menurut Ina, perangkat tersebut umumnya tidak digunakan untuk mengakses internet, melainkan SMS dan telefon. Ia mengungkapkan, smartphone paling laris saat ini berada di bawah harga Rp2 jutaan. Sebagian besar smartphone yang laris ini berjalan di sistem operasi Android.

Ditanya apakah pertumbuhan smartphone yang pesat menandakan bahwa tingkat perekonomian masyarakat Indonesia telah meningkat, ia mengatakan bahwa hal tersebut tidak memiliki keterkaitan.

Menurutnya, smartphone menjadi kebutuhan utama di samping pangan, sandang dan papan. Pesatnya pertumbuhan smartphone menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari, karena masyarakat membutuhkan informasi dan dipakai juga untuk mengakses internet.

Ina mengakui bahwa pertumbuhan pesat penggunaan smartphone berkontribusi pula terhadap jumlah pengguna internet di Indonesia. Tidak hanya itu, akses internet yang murah oleh yang ditawarkan para operator juga semakin meningkatkan penggunaan internet di mobile.

 

 

Sumber

http://techno.okezone.com/read/2014/05/13/55/984284/pengguna-internet-di-indonesia-meningkat-karena-smartphone-murah