Alasan Mengapa Perlu Mengganti Password ilustrasi paswword (foto: Ubergizmo) CALIFORNIA – Dunia, kemarin menjadikan teknologi internet sebagai momentum spesial. Karena begitu pentingnya keamanan akun digital dunia atau password, dunia merayakannya sebagai hari password sedunia (world password day).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Intel Security dan didukung lebih dari 170 organisasi dunia termasuk Microsoft, Toshiba, dan Dell, ini bertekad mengajak pengguna internet untuk sama-sama peduli menjaga keamanan akun digitalnya.

Seperti dilansir Ubergizmo, Kamis (8/5/2014), peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan pengguna internet akan bahaya ‘Heartbleed’ yang beberapa waktu lalu melanda dunia jagat maya.

Heartbleed itu sendiri adalah bug (cacat program) yang terkandung di dalam Heartbeat. Heartbeat adalah ekstensi (program pendukung) bagi OpenSSL. OpenSSL adalah protokol pengamanan otentikasi open source yang paling banyak digunakan oleh penyedia layanan di internet yang membutuhkan pengamanan kriptografi otentikasi seperti Google, YouTube, Mine Craft, Dropbox, Wikipedia, Yahoo, Go Daddy, Facebook, dan Amazon Web Service.

Dengan begitu, diharapkan masyarakat dunia lebih peduli terhadap keamanan akun digitalnya dan mau mengganti password di komputer, email atau di akun jejaring sosial masing-masing.

Robert Siciliano, seorang ahli keamanan online dari McAfee mengatakan, selama ini banyak pengguna internet yang kewalahan dengan banyaknya jumlah akun yang dimiliki.

Namun sayangnya, para pengguna internet tidak dapat me-manage dengan baik keamanan akun mereka sendiri, dengan cara sesering mungkin mengganti password pada email komputer atau jejaring sosial miliknya.

“Kita menemukan bahwa banyak pengguna internet  yang kewalahan dengan banyaknya jumlah akun mereka miliki. Tetapi, mereka tidak melakukan apapun untuk meningkatkan dan memperhatikan keamanan akunnya,” ujar Siciliano. 

Sehingga, lanjut Siciliano daripada hanya sekedar memberikan saran untuk mengganti password, lebih baik  mencari cara bagaimana orang melakukannya (mengganti password) dalam lima menit.
Melalui kegiatan kampanye di setiap peringatan hari password sedunia, ternyata mendapat respon yang cukup baik. Hal itu, terlihat sudah lebih dari satu juta orang mengganti password-nya pada tahun lalu.

Siciliano memiliki harapan yang  tinggi bahwa angka tersebut mungkin bisa terkejar, terutama dengan semakin banyak risiko yang terjadi pada keamaan profil beberapa bulan terkhir, orang dapat segera mengubah password-nya untuk meningkatkan keamanan akun mereka.

 

 

Sumber

http://techno.okezone.com/read/2014/05/08/55/982240/alasan-mengapa-perlu-mengganti-password