Image

Infused water atau spa water atau dalam bahasa indonesia disebut air infus tengah menjadi trend kesehatan yang baru baik diluar negeri dan kini merebak sampai ke Indonesia.  Di luar negeri, Infused water dipopulerkan oleh blogger asal oregon AS bernama Amy Pogue. Ia sendiri mengaku terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon didalamnya.

Infused water adalah air putih yang telah diberi tambahan potingan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, infused water dibuat dengan memasukan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Keunggulan air infus atau infused water adalah :

  • Bahan yang mudah diperoleh
  • Cara membuatnya mudah dilakukan oleh siapa saja
  • Buah atau herbalnya mengandung zat gizi dan mineral yang baik untuk kesehatan
  • Membantu kita untuk mengkonsumsi air lebih banyak dan membantu mereka yang tidak suka buah agar lebih menyukai buah.
  • Dapat menciptakan banyak macam rasa, aroma sesuai yang di inginkan
  • Membantu proses detoksifikasi (mengeluarkan racun) tubuh
  • Membantu mengendalikan berat badan

Membuat infused water dapat menggunakan setengah liter air dan satu buah dimana buah yang digunakan usahakan yang memiliki rasa asam (acid) atau netral karena rasa manis cenderung menimbulkan rasa bosan jika diminum dalam jumlah banyak. Beberapa buah yang bisa digunakan untuk air infus adalah anggur, apel, belimbing, buah naga, jeruk nipis, kiwi, lemon, nanas, mangga,mentimun, jeruk/orange.

Infused water pada prinsipnya tidak hanya berisi irisan buah tapi juga bisa dimasukan herbal atau rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, daunt mint, daun kemangi, serai dan lain sebagainya.

Cara Membuat Air Infus

  • Persyaratannya adalah buah harus dalam keadaan segar dan matang yang optimal. Jangan buah-buahan mentah karena banyak zat gizi yang belum terbentuk sempurna selama belum matang.
  • Cucilah buah/herbal sebelum di iris.
  • Dalam setengah liter bisa di isi dengan 10-15 potongan tipis buah. Lalu simpan dalam kulkas dan diamkan selama 6-12 jam agar sari patinya keluar.
  • Air siap dikonsumsi. Disarankan mengkonsumsi air infus sebelum makan agar gizinya bisa langsung diserap tubuh.

Penting untuk di ingat bahwa buah-buahan yang telah dipakai untuk infused water dapat digunakan sekali lagi. Jadi maksimal adalah dua kali pemakaian. Jika di simpan dalam lemari pendingin, infused water bisa bertahan hingga 2-5 hari.

Agar selalu sehat dan bugar, kita sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Salah satu caranya adalah dengan merubah gaya hidup melalui pola minum yang sehat melalui infused water karena minum yang cukup dapat memberikan zat gizi serta mineral yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan daya tahan dari berbagai penyakit.

 

Sumber

http://pusakapusaka.com/mengenal-air-infus-atau-infused-water-an-manfaatnya-bagi-kesehatan.html