Sudah tidak asing lagi bagi kita penyuka hewan khususnya kucing ras mengenai cara perawatan hewan lucu yang satu ini. Di Indonesia jenis kucing ras yang paling populer diantaranya persia dan anggora. disini saya akan memberikan tips-tips cara merawat kucing ras yang harus diketahui khususnya bagi pemula,

 
1. Biaya
kenapa saya cantumkan biaya pada poin teratas, ini dikarenakan pengeluaran tidak hanya pada saat kita mengadopsinya saja. sebaiknya, sebelum memutuskan untuk mengadopsi, kita harus memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulanya untuk keperluan makan dan perawatan. mengingat kucing yang kita rawat bukanlah sekedar mainan, melainkan makhluk hidup🙂
 
photo : shabbyblogs.com
 
2. Nama
berikan segera nama yang lucu untuk kucing anda, untuk memudahkan anda memanggilnya dan ia pun akan mengenali namanya jika sudah terbiasa. nama sangat penting ketika ia dititipkan di petshop, di grooming ataupun mendapat vaksin.
 
 
 
3. Kasih sayang dan perhatian
kucing ras suka sekali bermanja-manja, membelainya atau menyisirnya merupakan bagian dari perawatan kucing jenis ini, jangan sampe karna kelewat sibuk anda jadi melupakan nya dan hanya mengurungnya di kandang 1 x 24 jam.. mereka bukan satwa kebun binatang, jadi sebaiknya biarkan mereka bermain di area rumah anda dan jangan lupa menutup pintu atau mereka akan kabur! dan jauhkan kucing2 ini dari anak2 nakal.
 
photo : kompasiana.com
 
4. Makanan dan minuman

saat usia 2 bulan (setelah berhenti menyusu) kucing2 ini biasanya sudah bisa untuk makan. pastikan membeli makanan yang untuk usia KITTEN dan sesuai dengan kantong anda, demi keberlanjutan makanan yang sama. baru setelah kucing berusia lebih dari 1 tahun, berilah ia makanan untuk kucing dewasa. makanan pasta bisa disajikan sebagai selingan atau ketika nafsu makan berkurang dan ketika atau setelah sakit

 
sedangkan untuk minum, kita wajib menyediakan air bersih dan matang selama 24 jam, karena jika terlambat minum akan mengganggu metabolisme tubuh kucing.

photo : chocolatecaats.com, animalamigo.com

 
5. Grooming

untuk menjaga kebersihan kucing, kita juga harus memandikanya setidaknya 2 minggu sekali. jika kita masih belum bisa memandikanya sendiri, bawalah ke PETSHOP yang menyediakan jasa grooming hewan peliharaan yang dekat dengan rumah anda. pastikan kucing dalam keadaan sehat dan sedang tidak akan atau setelah vaksinasi. memandikan kucing sebaiknya saat cuaca cerah di pagi atau siang hari.

 
kegiatan dari grooming yang pertama dilakukan adalah memandikan kucing. pastikan shampoo yang dipakai sesuai dengan kebutuhanya. apabila ia tidak memerlukan perawatan khusus pakailah shampoo conditioner untuk kucing, sedangkan apabila ia ber kutu atau ber jamur, pakailah shampoo khusus kutu atau jamur untuknya. jika kucing anda berwarna putih, ada produk shampoo khusus agar bulu kucing anda tetap putih.
 
selanjutnya mengeringkan kucing. setelah dimandikan, pakaikan handuk yang dapat menyerap air pada bulunya. setelah itu gunakan pengering. untuk skala rumahan, sediakan hair dryer, keringkan dan sisir rapih.
 
bersihkan kotoran mata dengan kapas air hangat, telinga dengan cotton bud besar yang diolesi baby oil, dan gunting kukunya. terakhir anda bisa menyemprotkan parfum khusus kucing untuknya😀
 
6. Perawatan bulu
yang membedakan perawatan kucing ras dengan kucing kampung salah satunya adalah merawat bulu kucing. karena setiap harinya akan ada bulu kucing yang mati / rontok, jadi dengan menyisir maka kita akan mempermudah pelepasan bulu mati sehingga tidak tertelan kucing saat menjilat yang mengakibatkan hairball. penyisiran ini dilakukan paling tidak 1 kali dalam sehari. gunakan sisir khusus kucing yang bisa didapatkan di petshop
 
7. Kotak pasir

sediakan selalu kotak pasir yang tidak terlalu sempit untuk badan si kucing. sediakan juga secoop untuk membuang kotoran kucing. ada dua jenis pasir yang bisa anda gunakan, yaitu pasir yang bisa dicuci dan yang tidak. pasir yang bisa dicuci ini terbuat dari batu, dan harganya relatif murah. sedangkan pasir yang tidak dicuci jauh lebih praktis dan biasanya mempunyai aroma khusus seperti bunga dan buah, harganya pun lebih mahal dari pasir cuci.

photo : itchmo.com

 
8. Vaksinasi dan obat cacing

saat anda mengadopsi kucing, pastikan ia telah mendapat imunisasi jika usianya telah lebih dari 2 bulan, gunanya untuk mencegah ia terinfeksi virus yang akan membahayakan kesehatanya. jadwal imunisasi tergantung vaksin yang diberikan. konsultasikan pada dokter anda.

obat cacing untuk kucing sebaiknya diberikan 2 bulan sekali. merk yang biasa digunakan adalah drontal cat. dosis pemberian tergantung berat badan kucing. untuk kucing yang belum terbiasa mungkin agak susah untuk minum obat ini, sebaiknya dicampurkan pada makanan basah nya (pasta) atau bisa langsung diminumkan walaupun dengan sedikit paksaan.
 
 
Photo : vetgb.com, ceshirecatclinic.com
 
9. Vitamin

Ada baiknya memberikan kucing anda vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. vitamin untuk kucing bisa berbentuk cair, pasta ataupun tablet dan soft capsule. yang bisa langsung diberikan atau dicampur dengan makanan kucing.
photo : vetcsription.co.uk, rumahkucing.com, drsfostersmith.com

 
10. Mainan

kucing senang bermain-main, oleh karena itu, sediakan mainan yang aman untuknya. dapat berupa bola, tikus2an dll. anda bisa mendapatkanya di petshop.
photo : freepctaw.com
 
Sumber: