Tugas 1

Pertemuan 1

——————————————————————————————————————

Foreword

Kata-kata seperti organisasi, manajemen, dan tata kerja cukup umum untuk didengar, itu berarti sudah bukan merupakan hal asing di masyarakat. Namun tampaknya pemahaman ketiga kata tersebut secara mendasar dan menyeluruh, serta terperinci belum dapat sepenuhnya dimengerti oleh masyarakat. Padahal ketiganya merupakan hal-hal yang saling berkaitan satu sama lain bila ditelaah lebih lanjut. Oleh karena itu, dalam tulisan blog saya kali ini, organisasi, manajemen, dan tata kerja, serta hubungan ketiganya akan dibahas.

Organisasi

Kata organisasi sendiri berasal dari bahasa Yunani, ὄργανον (dibaca organon) yang secara harafiah berarti alat. Organisasi menurut Wikipedia adalah suatu kelompok orang dalam satu wadah untuk tujuan bersama. Secara umum organisasi berarti sebuah  sistem  yang  terdiri  dari  sekelompok  individu  yang  melalui  suatu  hierarki  sistematis  dalam  pembagian  kerja  dan  dalam  rangka  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan  secara  struktural  dan  sistematis. beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya masing-masing mengenai organisasi;

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Organisasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut;

  • Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
  • Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang
  • Adanya tujuan
  • Adanya sasaran
  • Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
  • Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Adapun unsur-unsur organisasi diantaranya;

1. Manusia (Man).
2. Kerjasama.
3. Tujuan Bersama.
4. Peralatan (Equipment).
5. Lingkungan.
6. Kekayaan alam.
7. Kerangka/Konstruksi mental

Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
  • Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
  • Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
  • Ada tujuan tertentu

Organisasi  dari  segi  tujuan  terbagi  3,  yaitu:

  • Organisasi niaga, yakni organisasi  yang  tujuan  utamanya  mencari keuntungan
  • organisasi sosial (organisasi  kemasyarakatan)  ialah  organisasi  yang  dibentuk  oleh  anggota  masyarakat
  • organisasi regional ialah  organisasi  yang  luas  wilayahnya  meliputi  beberapa  negara  tertentu  saja, dan organisasi internasional ialah  organisasi  yang  anggota-anggotanya  meliputi  negara  di  dunia.

Manajemen dan Organisasi

Sebelumnya telah dibahas hal-hal berkenaan dengan organisasi, sekarang saatnya untuk membahas hal-hal yang berkenaan denan manajemen. Kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno, ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur.” Beberapa ahli juga menjelaskan definisinya masing-masing mengenai manajemen;

  • James A.F. Stoner menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Mary Parker Follet menyatakan bahwa manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

Manajemen merupakan suatu pengelolaan,pengorganisasian,pengaturan terhadap sesuatu hal atau perusahaan.agar tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut.sedangkan Organisasi merupakan suatu pengorganisasian atau pengaturan terhadap suatu kegiatan agar dapat terlaksana dengan baik. Jadi, Manajemen dan organisasi sangat berkaitan.tanpa adanya pengorganisasian atau pemenej suatu perusahaan.maka tujuan perusahaan tersebut akan sulit untuk tercapai.

Manajemen dan Tata Kerja

Pembahasan selanjutnya akan menerangkan hal-hal berkenaan dengan tata kerja. Tata kerja merupakan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisien yang maksimal.

Tata kerja mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat ditujukan untuk :

  • Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  • Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
  • Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja

Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :

  • Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
  • Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
  • Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Penggambaran diatas telah jelas memberikan keterangan bahwa Organisasi, Manajemen, dan Tata Kerja ( Metode ), bila semuanya terurut dan dilaksanakan dengan benar, maka secara otomatis suatu tujuan Organisasi pun akan tercapai.

Kesimpulan

Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bekerjasama dengan pembagian atau alokasi tugas dan tanggung jawab tertentu dalam system koordinasi dan pengaturan guna memudahkan pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan.

Manajemen merupakan ilmu dan seni yang mengatur sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama pula. Dari segi esensinya bahwa manajemen adalah pembentukan karakter manusia baru pengelolaan secara terstruktur.

Tata kerja merupakan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisien yang maksimal

Ketiganya merupakan suatu hubungan keterkaitan yang apabila dilaksanakan dengan baik, maka akan tercapai pula tujuan dengan baik.

—————————————-

pic source

Wikipedia

Wikipedia

Blog

Blog

Blog

Blog

Blog

Blog