Adalagi gecko yang menarik perhatian gue selain LG dan AFT, namanya Crested Gecko (Rhacodactylus ciliatus)/New Caledonian Crested Gecko, sejauh yang gue denger sampe saat ini sih belum ada yg impor kemari, btw kayanya dibawah2 pernah ada ya penjelasan singkatnya kalo mau diubek-ubeg blognya monggo silakeun….

Crested Gecko (Rhacodactylus ciliatus) semakin populer di kalangan penggemar reptil selama beberapa tahun terakhir. Dianggap punah sampai tahun 1994, mereka sekarang cukup umum di penangkaran. Gecko ini, asalnya dari Kepulauan New Caledonian dekat Australia. Mereka sangat kuat, mudah untuk menjaga dan menangani, dan datang dalam berbagai warna dan pola yang indah. Umurnya secara umum 10-15 taun ada juga kok yang miara sampe 20 taun

Crested Gecko yang baru nyampe rumah abis dikirim-kirim ato COD ama yang jual biasanya sih stress, ngga cuma Crested kok, gecko-gecko lain juga sama soalnya mereka ngeliat tempat baru yang aneh. So, pastiin mereka ditaro ditempat nyaman wadah container plastik yang warnanya burem bisa jadi alternatif murah meriah buat miara gecko kok ini populer dipake dikalangan para breeder dibanding pake aquarium kaca/ terrarium/ rium rium lainnya. Kenapa? karena kaca itu bening dan membuat mereka terasa terekspose dan para gecko jelas ngga suka banget hal itu. Mending cari aman dan stress mereka bakal segera ilang. Stress bikin mereka bisa-bisa ngga mau makan. Yang pasti pastikan kandangnya anget dan kelembabannya pas juga sediain hiding cave.

Makanan mereka ngga terbatas di serangga aja loh, buah peach ato apricot juga bisa jadi selingan makanannya. Supaya lebih sehat, ada kok tambahan suplemen vitamin dan kalsium buat mereka dan banyak yg jual di reptile shop. Jangan lupa sediain ater dish buat minum.

Spray kandangnya 1-2x sehari. Crested Gecko bakal lebih aktif setelah di spray, terutama malam harinya.

Crested Gecko lebih lama waktunya dalam hal sexing ngga kaya LG. Tunggu dia sampe umur kurang lebih 5 bulan dan beratnya 15-20 gram.

sexing male

 

sexing female

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelum ngawinin sepasang crested gecko, pastiin umurnya selang 12-14 bulanan. Berat male dan femalenya kira-kira 35-40 gram. Femalenya bakal laying egg setiap 3-6 minggu. Telur mereka ini putih solid, inkub pake substrat perlite/vermiculite suka-suka kalianlah nemunya apa. Mereka akan menetas dalam 6-12 minggu dan mereka harus segera makan setelah 3-4 hari pasca hatch.

Crested Gecko tersedia dalam berbagai warna dan pola, yang sebagian besar cerah (merah, oranye, kuning, cream, charcoal, coklat, abu-abu, tan, dan olive green).  Tipe patterns  berupa: patternless, bi-color, tiger-banded, dalmation-spotted, fire-striped, pinstriped, dan harlequin.  Keterangan morph diambil dari namanya dengan cara mengombinasi warna dengan pattern.

 

sumber:

crestedgecko.com

http://www.forums.repashy.com/rhacodactylus-ciliatus-discussion/10832-sexing-crested-geckos-how.html