Iggy, reptil herbivora yang berasal dari daerah tropical Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America, kebanyakan locality dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico.

  Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Squamata
Upaordo: Iguania
Famili: Iguanidae
Genus: Iguana
Nama Latin Iguana Iguana

Iggy berasal dari daerah tropis dan membutuhkan tingkat kelembaban yang agak tinggi untuk kesehatan yang layak. Kurangnya kelembaban dapat menyebabkan masalah ginjal dan hati di kemudian hari. Suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C.

Meskipun tidak terlalu besar dibanding komodo dan biawak, iguana memiliki kekuatan yang sangat besar serta memiliki cakar tajam. Cakar ini terutama digunakan untuk mendaki karena iguana aslinya banyak tinggal dilingkungan berbatuan dan berbukit sehingga pantas disebut sebagai binatang arboreal (pemanjat)
.Seperti reptil lainnya iggy akan mengalami proses ganti kulit (shedding) secara teratur.
Media umum yg biasa digunakan sebagai substrate paling mudah adalah alas koran dan forest bark (utk jaga humidity dan bau2an).

Menjadi seorang iggy lover memerlukan tanggung jawab yang signifikan .Sebelum membeli iggy alangkah baiknya mengetahui dasar pemeliharan, kandang, diet, perawatan kesehatan preventif, dan persyaratan khusus lainnya yang dibutuhkan. Juragan harus akrab dan menjadi seorang kawan bagi sang iggy
Iguana yang dirawat dengan benar akan tumbuh dari mulai ukuran baby , juvenile (remaja) hingga adult lebih kurang 2-3tahun bahkan sampe 18 tahun lebih .

Tidak gampang membedakan kelamin iggy , sampe ukuran 70-80cm (usia satu tahun ) baru karakteristik seksual jantan mulai lebih menonjol. Jantan mulai mengembangkan bantalan lemak di bagian belakang kepala (fat pocket) , jowl lebih besar dan dewlap lebih melebar, umumnya kepala jantan lebih besar daripada betina.

Sexing Male

Sexing Female

Walau iggy kadal yang besar dan tampak kuat, mereka bisa sangat rentan terhadap cedera dan penyakit, terutama jika tidak diberi perawatan yang tepat, terutama sinar UVB dan UVA
Seperti reptil, iguana berdarah dingin dan tidak bisa mengatur suhu internal tubuh mereka.

Tanpa sumber UVB, iguana akan tidak dapat memproses kalsium dengan baik, dan akan rentan terhadap Metabolic Bone Disease (MBD).
Sumber terbesar UVB adalah sinar matahari alami.
Alternatif sinar UVB banyak kok dijual di toko reptil, jangan salah beli lampu tapi ya.

Sumber:

Kaskus