Ngerawat LG emang gampang kok, gampang-gampang susah. Apa sih susahnya?

Saat sulit dalam pemeliharaan adalah ketika si doi kesayangan sakit. Gue ngerarasin galaunya waktu pupi si Gebol sempet mencret yang ternyata gara2 gue yang teledor soal kebersihan kandang si jangkrik. Nah ini ada list sakit apa aja sih yang bisa nyerang si kecil kesayangan para gecko lover. Chek this out.

 

  • Proplase

 Keluarnya organ pembuangan/kelamin dari kloaka, biasanya disebabkan sama impaction atau proses kawin yang abnormal. Penanganannya, bersihin aja dulu Prolapsenya pake aer anget. Berhubung ini sesuatu yg vital yg nongol-nongol, substratnya yang biasanya pake dolomit atau zeolit, diganti aja dulu pake kertas atau paper towel. Doi yang kena penyakit ini direndem pake aer gula anget-anget kuku tiap pagi sama sore aja cukup 5-10 menit sambil kalo bisa dimasukkin pake tangan or ditunggu supaya masuk sendiri. kurang lebih 8 hari kemudian geckonya udah normal lagi

  • Distosia(egg binding)

ketika seekor betina hamil tidak dapat melepas telurnya. Hal ini bisa terjadi karena telur yang terlalu besar untuk melewati saluran telur dan kloaka, faktor nutrisi, si betina sakit atau lemah, tidak ada tempat yang cocok untuk meletakkan telur, dan masalah lainnya tidak diketahui. Dengan kondisi ini, betina biasanya akan berhenti makan dan menjadi lemah dan lesu . Makanya sebelum kawin, persiapkan kondisi kesehatan si betina ini, semokin se-semok-semoknya dulu karena ada kalanya juga saat gendong telur napsu makannya berkurang. Saat udah jelas Doi udah gendong telur, siapin tempat buat laying box sesuai selera gecko, berupa substrat yang dilembabkan, bisa berupa sekam padi, cocopead, atau vermicullite.

  • MBD (Metabolic Bone Disesase)

Kekurangan gizi karena kurangnya kalsium dan vitamin. Kalsium dan vitamin  penting untuk pembentukan tulang yang tepat selama pengembangan dan untuk klasifikasi tepat telur untuk betina yang hamil. Mereka yang terkena MBD akan mengalami gejala seperti lemah, tulang menjadi lunak, cacat pada anggota badan dan tulang belakang, berkedut atau tremor, dan kurangnya nafsu makan. Sembuh dari penyakit ini bisa sangat sulit. Ada yang bilang dibawah usia 3 bulan masih ada harapan sembuh asal asupan kalsiumnya tepat.

  • Crypto

Leopard gecko Cryptosporidium (juga disebut leopard gecko kriptosporidiosis dan Crypto). Penyebabnya parasit Cryptosporidium , biasanya berakibat hilangnya nafsu makan dan berat badan turun secara signifikan. LG jadi lemes menuju mati, disebabkan karena kelalaian dalam menjaga kebersihan kandang. Catatan, pakan LG juga mesti sehat jangan kasih jangkrik sekarat, jangkrik yang udah makan kotoran gecko, dan jangkrik yang udah makan bangke temennya. Kalo udah terserang Crypto, buru-buru beli obatnya bisa dikasih Humatin atau Gabbryl. Humatin agak sulit dicari penjualnya dan lebih mahal, sementara Gabbryl bisa dicari di Apotek terdekat dan jauh lebih murah.

  • Gastoenteritis (diare)

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebabkan kondisi tidak sehat. Sebuah indikasi penyakit adalah bahwa LG memiliki kotoran berair dan atau berdarah. Biasanya kotoran kering dan baik dibentuk dengan bagian putih kecil. Hal ini menular dan dapat menyebar dengan mudah. Gejala lain dari penyakit ini adalah penurunan berat badan, ekor kurus. Jika tidak diobati, LG akan berhenti makan, mengalami dehidrasi dan kurus, dan mungkin mati.

  • Coccidia

Menyebabkan masalah pencernaan ketika parasit protozoa menginfeksi lapisan usus. Hal ini menular dan dapat menginfeksi LG lainnya. Jika tidak diobati, LG akan berhenti makan dan menjadi lamban, dehidrasi, dan anoreksia.

  • Anoreksia

Gangguan makan yang ditandai oleh penolakan makanan yang mengakibatkan berat badan berkurang sampai ke tingkat yang membahayakan. Hal ini dapat disebabkan oleh stres, kondisi kurang sehat, penyakit gizi, atau penyakit lainnya. LG yang terkena penyakit ini memiliki sebuah ekor yang sangat tipis, menjadi lemah dan lamban, akan berhenti makan, dan biasanya mati jika tidak diobati.

  • Dysecdysis

Suatu kondisi di LG memiliki masalah penumpukan kulitnya karena gizi buruk, kurangnya kelembaban, dan perawatan yang buruk. Pelepasan kulit yang tidak sempurna akan muncul sebagai bagian kering di berbagai daerah tubuh seperti kepala, mata, kaki, dan ekor. LG dengan kondisi ini dapat terjangkit masalah mata, mengalami kesulitan dalam berjalan, dan banded/teksur kulit terlihat tua di sekitar kaki mereka. Jika kondisi ini tidak diobati, bisa menyebabkan infeksi.

 

  • Stomatitis (Mouth Rot)

LG mengalami pembengkakan di sekitar daerah mulut dengan nanah.

  • Pneumonia

Infeksi saluran pernafasan yang parah yang disebabkan oleh bakteri di paru-paru. Hal ini dapat terjadi pada LG jika lingkungan mereka terlalu dingin dan lembab sehingga menyebabkan sistem kekebalan mereka menjadi terganggu. Mereka yang mengidap pneumonia akan menunjukkan gelembung lendir di daerah hidung dan mengalami kesulitan dalam bernapas. Masalah ini biasanya dapat disembuhkan saat suhu meningkat menjadi sekitar 27 ° -29 ° C.

  • Impaction

Impaction itu bisa disebut juga penghambatan saluran cerna atau saluran pembuangan dalam tubuh pada LG. Gejalanya biasanya abis makan malah dimuntahin lagi, Impaction disebabkan oleh materi keras yang tidak bisa dicerna sama LG tapi ikut ketelen, umumnya substrat yang ketelen sama si gecko sehingga mengganggu proses jalannya makanan ke organ pencernaan, bahkan bisa terjadi juga pada organ pembuangan LG kita.

 

 

Sumber:

ReptilX, Kerabat Gecko