Pogona termasuk ke dalam genus kadal-kadalan yang berisi 7 species yang dikenal secara umum dengan nama bearded dragons. Mereka hidup di tempat gersang, berbatu, wilayah semi-desert, dan dry open woodlands di Australia. Mereka ahlinya manjat-memanjat, menghabiskan waktu di batang pohon sama semak-semak, malah ada juga dipager deket habitat manusia. Bearded Dragon ini wajib berjemur loh saudara-saudara.

Itu versi liarnya.

Sebenernya di luar sana, BD itu populer dikalangan anak-anak, dia ini kadal friendly, ramah, baik hati, pintar, rajin menabung, patuh orang tua (?) OK skip!

Seriously, dia itu kalem dan ramah buat dipiara. Tapi kalo disini mah jarang anak-anak miara kadal muka beloon ini, yang ada teenager up.

BD dewasa tumbuh kira-kira sampe 16 – 24 inches (± 60 cm)panjang dari kepala sampe buntutnya (ukuran standar doang. Bisa juga BD lebih panjang dari itu) dan berat  350 – 600 gram. Perhatian sekali lagi buat yang jatuh hati sama BD buat dipiara dia ini wajib di jemur ya. Kenapa? Karena doi perlu UV A sama UV B itu yang ngebantu BD mencerna kalsium. Kalo matahari lagi ngumpet bisa disiasatin beli lampu UV, atau beli kalsium yang mengandung d3 bisa juga pake tulang sotong ditumbuk sendiri trus tambahin minyak ikan yang mengandung d3. Suhu adem 32 C, suhu baksing 38-40 C lah ya.Jangan panas-panas juga. Kalo kata wiki ketika suhunya udah kepanasan dia otomatis ngademin dirinya sendiri dengan cara ngubur diri. Tapi buat yang dipiara sih biasanya abis bejemur ajakin BDnya berendem dulu. Metabolisme BD baru jalan setelah 45 menit dari awal  pemanasan tubuhnya.

Berhubung dia habitat aslinya itu gersang yang otomatis nyari makan susah jadi apa yang ada juga dia makan, dia tergolong omnivora. Biasanya pakan bervariasi dari mulai jangkrik, ulet hongkong, sama ulet jerman. Jangan lupa di gutload dulu pakan hidupnya terus kalo mau kasih ulet jerman sebelum dikasih ke BD wahib dimatiin dulu ya kalo ngga bisa bahaya fatal ke BD. Seumuran baby makannya serangga2an aja, udah mulai gede menjelang adult biasain makan sayuran. Ada juga yang suka kasih kembang sepatu soalnya denger-denger kalsiumnya lumayan.

BD, sama seperti reptil lainnya juga shed a.k.a ganti kulit, tapi ngga kaya gecko yang kilat sheddingnya, bisa sebulanan kalo doi ganti kulit.

Untuk pemeliharaan BD bisa tinggal dalem aquarium, ukuran disesuaikan biar ngga kontet (ganggu pertumbuhan), dengan substrat untuk baby cukup alasin koran, paper towel dan sebangsanya. Kalo udah gedean bisa di kasih pasir-pasiran (bisa beli yang khusus reptil atau tanah liat juga bisa)

Mitos kalo ada yang bilang jantan lebih gede dari betina, jantan bisa aja kontet dan betina bisa aja bongsor. Kalo ada yang bilang jantan di bawah lehernya mengitam dan ngangguk-angguk kalo minta kawin, tapi masalahnya ada juga betina yang melakukan hal serupa. Cara lain adalah bedakan dari ketebalan ekor, pejantan lebih tebal ekornya dari betina tapi itu juga jangan terlalu jadi patokan soalnya faktor umur berperan juga. Satu-carunya cara adalah melihan bagian bawah tubuhnya seperti ini:

Sexing Female

Sexing Male

sumber + F.A.Q ReptilX + http://www.beardeddragon.org/articles/sexing/ + Satwa Unik