Darimana aslinya mereka? South-Asian Afghanistan, Pakistan, north-west India, and parts of Iran. Gecko itu solitary animal mereka biasanya ngga hidup sama binatang lain.

Dari segi karakteristik, panjang anaknya 6.5 to 8.4 cm semetara yang dewasa 20.5 to 27.5 cm. Kakinya yang pendek memungkinkan mereka menjadi gesit dan kuku kecilnya berfungsi buat manjat. Mereka memiliki bukaan di kedua sisi kepalanya, sebenernya itu telinga yang dilindungi membran timpani. Gecko di habitat liar aslinya berwarna gelap dan kusam, beda banget sama yang dirawat dipenangkaran ato dipelihara, warnanya cerah bervariasi tergantung morphnya. Dan seperti reptil pada umumnya, doi juga shedding alias ganti kulit. Beberapa hari sebelum ganti kulit, tanda-tandanya keliatan dari warna kulitnya yang kusam dan kemudian tampak seperti sedang diselimuti selembar membran tipis berwarna putih yang nantinya pas hari H dia ganti kulit bakal jadi santapan enak buat Geko itu sendiri karena kulit ini merupakan sumber protein dan vitamin. Buntutnya semakin gemuk itu menjadi indikator dia semakin sehat, kalo kurus ya berarti ada kemungkinan mereka kurang gizi.

LG ini ectothermic yang artinya selama mereka tidur mereka menyerap panas dan energi untuk berburu di malam harinya. Mereka ini predator yang juga punya predator kaya uler, kodok, musang, dan sebangsanya yang besar-besar. sense of taste dan smelling mereka ngebantu banget buat jaga diri dari musuh. Kehilangan ekor saan di serang musuh (autotomi) dapat menyebankan penyakit bahkan membunuhnya, tapi kasus kaya gini jarang terjadi. Buntutnya akan tumbuh dengan segera karena buntut memegang peran bagi hidup para LG, tapi bentuknya kemungkinan beda dari pola aslinya, lebih pendek dan gemuk.

Gimana cara bedain jantan sama betina? Waktu masih baru menetas mereka unsex belom ketauan jantan atau betinanya tapi gedean dikit mulai keliatan. Yang jantan memiliki pra-anal pori-pori dan tonjolan hemipenal sementara betina memiliki pori-pori kurang dan lebih kecil dan tidak memiliki tonjolan eksternal.

Musim kawinnya antara Januari-Agustus atau September. Usia siap kimpoi jantan itu 8-9 bulan, betinanya setaun. Setelah kawin betina akan mengeluarkan telurnya sekitar 21-28 hari (3-4minggu). Setelah 45-60 hari droplets of moisture muncul ditempurung telur, menyusut dan sebagian runtuh, ini pertanda baby gecko bakal menetas. Penentuan jenis kelamin buat telurnya tergantung suhu, buat jadi cewe 26–30 °C dan 34–35 °C terus buat jadi cowo suhunya menengah sekitar 31-33 ° C. Betina yang lahir di suhu tinggi cenderung lebih agresif.

 

Sumber

http://en.wikipedia.org/wiki/Leopard_gecko